WELCOME TO MY BLOG

Senin, 15 Januari 2018

BTS:Satu-satunya K-pop yang dapat menembus AS

BTS, K-Pop, Korea Selatan
Hak atas foto Getty Images
Image caption BTS adalah Jin, Suga, J-Hope, RM, Jimin, V, dan Jungkook.

K-pop sudah lama menjadi kekuatan penggerak bagi budaya populer Korea ke seluruh dunia dan juga merupakan bisnis besar yang menyumbang miliaran dolar setiap tahunnya ke perekonomian Korea Selatan.
Menyebar meluas di kawasan Asia, K-Pop tampaknya masih belum merasuk ke pasar dunia Barat walau nama-nama besarnya terkenal secara global.
Banyak orang yang mungkin masih ingat bintang Psy dengan Gangnam Style-nya yang menjadi hit di seluruh dunia pada tahun 2012, namun tak lama kemudian bintangnya langsung meredup.
Apakah kisah yang sama akan terulang dengan BTS, yang meroket pada tahun 2017?
Boyband yang terdiri dari tujuh pria itu tahun lalu meraih keberhasilan yang belum pernah dicapai oleh K-Pop lainnya, yaitu pasar yang amat sulit dan tidak kenal ampun: Amerika Serikat.
Tur mereka yang amat berhasil di AS ikut mengangkat kombinasi musiknya yang merupakan campuran pop, hip-hop, dan R&B -sebagian besar dalam Bahasa Korea- ke panggung dunia.
BTS menikmati peringkat tertinggi yang pernah dicapai kelompok musik K-Pop di tangga lagu Billboard 200 dan bulan November menjadi K-Pop pertama yang berada di puncak daftar lagu populer iTunes di Amerika Serikat.
BTS, K-Pop, Korea Selatan
Hak atas foto Getty Images
Image caption BTS dalam pertunjukan malam tahun baru di Los Angeles, AS.
Tambahkan lagi penghargaan Billboard Music yang diraih pada Mei 2017, setelah para penggemar memilih mereka sebagai Top Social Artist, antara lain mengalahkan Justin Bieber.
Di dunia media sosial, BTS juga mencatat sejarah.
Twitter memberi sejumlah penghargaan, termasuk 'penampilan musik yang paling melibatkan orang', juga memiliki emoji sendiri dan menjadi nama yang paling banyak di- retweeted atau disebar ulang di kalangan para pemusik.
Kedutaan Besar Amerika Serikat di Seoul juga mengungkapkan bahwa pesan Twitter-nya yang paling banyak melibatkan pengguna sepanjang tahun 2017 adalah tentang BTS.
BTS, K-Pop, Korea SelatanHak atas foto EPA
Image caption Pemusik tidak ada artinya tanpa penggemar.

Bagaimana band berhubungan dengan penggemarnya?

Pertanyaan yang tepat untuk sebuah band yang keberhasilannya didorong oleh 'kehadiran' mereka yang diatur dengan seksama di media sosial dan mendapatkan penggemar yang setia yang menyebut dirinya sebagai TENTARA.
"Kami bisa mengatakan kepada Anda pakaian apa yang mereka gunakan pada adegan tertentu atau favorit Animoji mereka," kata Angelica Bacani, mahasiswa tahun pertama yang berusia 19 tahun di Filipina.
"Kadang dalam perjalanan ke kampus, saya melihat feeds (barisan pesan-pesan di media sosial) dan melihat ada pesan dari mereka selalu membuat saya gembira."
Penggemar berat BTS itu -yang mengaku anggota favoritnya adalah Jin- mengatakan kepada BBC bahwa 'hubungan personal' dengan band itu lewat media sosial yang paling dinikmati para penggemar.
"Band-band lain berjarak dan tidak tersentuh tapi BTS amat bisa berhubungan."
BTS, K-Pop, Korea Selatan
Hak atas foto Getty Images
Image caption Berbeda dengan band-band K-Pop lainnya, BTS menjalin hubungan dengan penggemarnya.
Menurut pengamat budaya popular yang tinggal di Seoul, Kim Hern-sik, perilaku media sosial yang 'sejati dan rendah hati' itu bukanlah sesuatu yang 'diatur namun mereka hanya menjadi dirinya sendiri'.
"Kelompok K-Pop yang dibina oleh perusahaan yang lebih besar menjalankan promosi pemasaran besar-besaran dengan tujuan mengubah para penyanyi menjadi idola," kata Kim.
"Mereka sistematis dan terkendali sehingga interaksi dengan penggemar menjadi terbatas. Oleh karena itu gaya komunikasinya menjadi terlalu resmi."
"Namun BTS berbeda, yang dibina oleh sebuah perusahaan yang relatif kecil. Mereka mendapat kebebasan untuk berinteraksi dengan para penggemar di media sosial dan tidak diperlakukan sebagai bagian dari sistem yang besar namun lebih seperti umat manusia yang sebenarnya."
______________________________________________________________________

Siapakah BTS?

Dibentuk oleh Big Hit Entertainment, kelompok yang terdiri dari tujuh laki-laki ini pertama kali tampil tahun 2013. Mereka adalah : Jin, Suga, J-Hope, RM, Jimin, V, dan Jungkook.
Kepanjangan dari namanya adalah Bulletproof Boy Scouts namun karena mereka ingin menembus pasar Amerika Serikat, jadinya Beyond the Scene.
BTS, K-Pop, Korea SelatanHak atas foto Getty Images
Para pengkritik mengatakan yang membuat BTS berbeda dibanding band K-Pop lainnya adalah keberanian mereka dalam mengangkat masalah-masalah yang selama ini dianggap 'tabu' seperti bullying, elitisme, dan kesehatan mental.
Penampilan BTS merupakan campuran pop, R&B, hip hop dan tarian yang diatur dengan koreografi yang ketat.
Lagu hit mereka antara lain adalah DNA (yang ditampilkan pada American Music Awards 2017), senandung kepedihan kaum muda Blood Sweat & Tears, serta Spring Day, yang dianggap para penggemarnya untuk menghormati kecelakaan feri Sewol di Korea Selatan tahun 2014 lalu yang menewaskan 300 jiwa lebih.
Band ini juga berkolaborasi dengan DJ terkenal Amerika Serikat, Steve Aoki, untuk lagu yang berjudul Mic Drop.
______________________________________________________________________
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar