WELCOME TO MY BLOG

Senin, 15 Januari 2018

ALASAN FANWAR EXO-L DAN ARMY


Kalau ini sih pasti fans punya banyak spekulasi. Enggak bukan itu, lebih tepatnya karena saling menyalahkan juga. EXO-L nyalahin ARMY, ARMY sok polos sama EXO-L, pas ngerasa kalah ARMY malah sok lemah atau ngungkit2 kalau agensi BTS itu dari agensi kecil lah apa lah. Intinya, saling menghina.

Fans mana sih yang tega idolnya dihina? Itu yang gue rasain waktu gue masih mulfand. Gue waktu itu lagi kepincut2nya sama EXO dan yang gue dapat, ada akun seorang ARMY yang menghina EXO. Dia ngatain EXO itu shit, worst, untalented, anjinglah, monyetlah, pokoknya kata2nya beneran bikin gue heran kok bisa2nya ngebenci kek gitu? dan akhirnya gue geram. Gue ke twitter ternyata banyak yang lebih parah. Gue lupa gimana gue bisa jadi ninggalin fandom pokoknya itu semua terjadi begitu aja dan sampe sekarang gue cinta EXO dan BTS? mungkin kalian ARMY cuek2 aja ya satu orang ninggalin fandom karena pasti banyak fans baru yang lain masuk fandom kalian mengingat sekarang BTS lagi hangat2nya dibincangkan. Tapi gue merasa sayang banget, kalau ada satu aja EXO-L yang ninggalin fandom, gue berharap temen gue yang juga mantan EXO-L kembali ke fandom, tapi sayang dia bukan fangirl sefangirl kita (lebih suka ngurusin pacar daripada oppa :v).

Beberapa minggu setelah gue memutuskan ninggalin fandom, ada akun yang bilang "Ga semua ARMY kok gitu, ga semua ARMY itu immature" kalau gasalah gue baca itu di komen Youtube tapi percuma! gue udah sepenuhnya ga peduli lagi, resolusi gue sekarang gue pengen setia dulu sama EXO, gue salut banget sama akun2 EXO-L di twitter yang ngidolain dari awal debut sampe sekarang, gue iri sama mereka, mereka sempet ngerasain gimana sakit hatinya saat 3 member EXO keluar, berita konfirmasi dating, yang parah itu pas dating Baekhyun sama Taeyeon banyak banget EXO-L yang keluar fandom, tapi kalau ada yang masih EXO-L sampe sekarang setelah semua itu, gue beneran iri. Yang dulu sebutan mereka itu cuman EXOTIC (nama fandom buatan fans sebelum exo-l diresmikan) sekarang dengan bangga menyebut diri mereka dengan EXO-L. Gue iri. 

Banyak banget yang out of topic hehe, dan salah satu alasannya lagi ya Immature Fans. Otomatis saling menghina itu juga perbuatan Immature Fans. Rata2 umur ARMY yang sering gue dapetin itu anak-anak SMP dan SMA kelas 1 atau 2. Jadi ya wajaarr. Inget ga di salah satu acara yang Chanyeol, Suho, dan Chen hadirin, ada artis cilik yang bilang dia suka EXO tapi lebih suka Bangtan. Ya begitulah rata2 umur fans BTS di intl ataupun di Korea. dan bahkan di korea sana BTS itu ga terlalu diminatin sama umur 20an, gue pernah nonton videonya, tapi lupa judulnya, pokoknya di video itu satu orang cowok yang interview random orang2 yang lewat di korsel, terus nanyain pendapat mereka tentang BTS, dan malah banyak yang gatau, atau lebih tepatnya kurang kenal. Menurut salah satu survey juga nyebutin BTS itu diminatin sama anak SD dan SMP.

Media Play agensi BTS. Gue pernah baca artikel tentang agensi BigHit yang bawa2 nama EXO dan SM-YG, pokoknya 3 AGENSI RAKSASA di korsel. Isi artikelnya itu tentang BTS yang bisa mengalahkan EXO dalam penjualan album, pokoknya kata2nya itu berlebihan banget dan ga sopan buat agensi yang pengen artisnya dapet popularitas. Baru-baru ini juga BigHit ngeluarin artikel lagi waktu album WINGS kelewat populer isi pokoknya itu kayak merendahkan EXO sama BIG3 AGENCIES banget. Gue emosi banget. Otomatis banyak ORANG yang bilang "benci BigHit tapi jangan benci BTS karena BTS kan cuman artisnya gatau apa2" "BTS itu korban disini" "kalian bisa benci kami ARMY. tapi tolong jangan benci BTS" Apa gue bilang? mereka sok lemah padahal kalau di komen2 instagram, kata2 mereka kasar semua. Gue tau semua orang pengen mencurahkan apa yang di dalam hati mereka kalau sudah kelewat emosi kan butuh tempat ngeluarin itu, tapi gue bingung, kalau ARMY pengen ngeluarin celotehan mereka ya di FANBASE ARMY aja sana! Banyak banget ARMY yang komen di FANBASE HARD EXO-L. Gue benci. Gue EXO-L nyadar diri kalau ada artikel terkait BTS gue diem aja, gausah komen. Saat ada live streaming, misalnya acara penghargaan ataupun event kpop, gue diam aja. Saat dimentionin jangan salah lapak, yang terjadi.. saling menghina tadi.
 


Hm.. menurut gue saling menghina sama gak tega dihina itu sama aja ya, otomatis yang gak tega ikut terbawa emosi dan yapp butuh dikeluarin juga. Gue kurang tau EXO-L sama ARMY ini saling menghina itu dimulai dari kapan, tapi kok tega banget ya ARMY ngehina EXO-L padahal dulu mereka butuh bantuan EXO-L buat memenangkan lagu I NEED U di salah satu program musik.

Oke gue bawa2 topik ini karena menurut gue ini yang paling menarik, bantuan EXO-L yang dulu. Gue dapet info ini dari twitter, ada screenshotnya dulu EXO-L sama ARMY itu TEMAN DEKAT. Saling membantu, lebih tepatnya EXO-L yang bantu ARMY, saling membantu? NONSENSE. Kemana ARMY yang dulu minta duluan, sekarang malah menghujat EXO-L. Idola mereka udah terkenal sekarang, apa gue boleh bilang itu karena Media Play dan EXO-L? Okey tidak ada EXO-L di antara ARMY tapi EXO-L dan ARMY di antara MULTIFANDOM. Multifandom.. gue gasuka mereka. Apalagi kalau fandom mereka EXO-L dan ARMY dan yang lebih menggelikan itu mereka nyebut diri mereka ARMY-L. TOLONG JANGAN PAKE ARMY-L! Nama yang menjijikan menurut gue, ga pantes! Kalau multifandom misalnya ARMY-CARRAT, EXOL-IKONIC, EXOL-VIP, ARMY-iGOT7 gue terima2 aja. Tapi ARMY-EXO-L atau lebih parah ARMY-L. Tolong jangan.


Gue curiga kalau fans BTS itu rata2 mantan EXO-L yang ga setia sama EXO, lebih tepatnya fans musiman. Atau pindah fandom dengan santainya. Pernah salah satu tweet ARMY yang menurut gue lucu "emang EXO-L dulu juga bukan mantan fans Super Junior, pasti kalian juga ngidolain SuJu dulu kan." Oke silahkan yang baca gimana artikan sendiri perasaan kalian.

Popularitas BTS emang gabisa dikatain ga sukses di tahun 2016. Mereka banyak mecahin record billboard dengan albumnya. oke gue juga nemu caption ONCE yang kurang lebih tulisannya gini "menangin billboard terus emang lo itu artis Korea atau luar negeri sih? Kalau mau di billboard terus sana debut di U.S jangan di Korea" gue ngakak setelah itu. Omong2 akun ONCE itu akun HARDCORE ONCE, dia gasuka gb sama bb lain selain grup idola mereka, TWICE.

Lagu EXO dan BTS yang nada intronya sama. Coba kalian bandingin lagu BTS yang judulnya Dead Leaves sama EXO - They Never Know. Nada intronya sama. Terus ARMY menghujat EXO katanya EXO plagiat lah. Tapi kenyataan kedua lagu BTS maupun EXO itu juga sama kayak lagu salah satu penyanyi kenegaraan Rusia. Emang kebetulan aja kali hufft. Terus tentang plagiat, ARMY juga menghujat EXO karena pakaian EXO yang sama kayak idola mereka. Kampungan kali ya. BTS juga pernah kok make pakaian yang sama kayak EXO. Gitu aja dipermasalahin kali aja sama2 mau sponsor bajunya.

Melon Music Awards 2016/MMA 2016. Kategori Album of The Year. Nah jadi disini EXO-L gaterima BTS menang di kategori ini karena album Young Forever milik BTS itu penjualan albumnya angkanya beda jauh banget sama album EX'ACT. Bahkan netizan korea juga bingung kok bisa BTS menang padahal ga banyak banget yang beli ga kayak EX'ACT. Gue denger pihak MMA ini milih sesuai internal data gitu. Sampai sini gue gapaham lagi karena gue beneran sakit hati banget dengan ketidakadilan pihak Melon. Yang bikin gue emosi saat pihak Melon dengan mudahnya ngakatin "4 awards itu sudah sangat banyak" dan EXO-L dituduh haus awards. Bukan haus penghargaan, EXO-L hanya minta keadilan.

MAMA 2016 Artist of the Year. Sebelum acara MAMA ini mulai, pihak Mnet menghapus atau mengubah video2 comeback EXO di Mnet jadi privasi. Sedangkan salah satu syarat buat EXO menang kuncinya adalah banyaknya view youtube video EXO di Mnet. Nah kalau videonya dihapus, gimana EXO-L mau nonton dan memperjuangin idol mereka? satu lagi cobaan buat EXO-L dan alhasil EXO ga menang di kategori ini. EXO ngarep banget kayaknya menang di kategori ini dan yang menang itu BTS. Semenjak kemenangan BTS di MAMA banyak netizen korea yang ngomentarin "aku bahkan baru kenal BTS hari ini". Semenjak kemenangan BTS di MAMA 2016 ini juga ARMY kayak menyombongkan diri gitu. hufft. Bahkan pernah gue baca tweet ARMY yang ngeremehin EXO karena ga menang di kategori ini.

Sekarang bahas album. WINGS and EX'ACT. 4 vers vs Kor-Ch vers. Sekali lagi waktu penilaian Golden Disc Awards sama Seoul Music Awards, ARMY meminta kepada staff supaya cuman menghitung album EXO di versi Korea saja. Padahal dari dulu Golden sama Seoul juga udah menghitung sama versi China nya. Nah kok mereka baru mempermasalahin sekarang sih? kok ga dari dulu? -__- terus pas EXO menang, mereka kayak ga terima gitu. Menurut gue penjualan album WINGS ini kuat di penjualan internasional yang melibatkan fans intl. 
 
Dan yang akhir-akhir ini itu Perang Lightstick. Mau bahas tentang ARMY yang ngatain EXO-L karena BTS dapet Black Ocean atau tentang konsep LS baru BTS yang hampir sama kayak EXO, hayoo mau bahas yang mana duluuu :D lucu yaa.. Black Ocean, ini waktu kejadian di MMA (Melon Music Awards) EXO-L dituding sengaja beri penampilan BTS black ocean, pliss ini ARMY ngarep bantuan EXO-L lagi supaya penampilan mereka terang gitu? Duhh ga nyadar diri ya, udah menghina EXO apalagi waktu kejadian Lay pingsan di bandara, ARMY ngedoain Lay cepet2 mati (maaf) supaya popularitas EXO nurun dan BTS berjaya. Kalau mikir pake otak ya. Alhasil ada korean EXO-L yang berjanji bakal beri black ocean ke BTS kalau ada perform. Tapi kenyataan EXO-L ga nyalain LS mereka karena mereka mau menyimpan baterai buat penampilan EXO. Mungkin BTS kena apesnya karena waktu itu katanya kebetulan saat2 paling tepat buat nyimpen baterai buat penampilan EXO. Gatau kalau ini cuman alesan EXO-L hahaha..

Konsep Lightstick yang sama.  Sebenarnya gue uda curiga dari dulu kok warna fandom BTS dan EXO itu hampir sama? Iya sama2 silver. EXO debut 2011/12. BTS debut 2013. Otomatis lebih tua EXO dong kalau soal Lighstick. Emang sih Bangtan Bomb itu warnanya bukan silver tapi kayak lampu hidup mati gitu /?. Coba kalian perhatikan kalau di acara musik maupun penghargaan gitu LS EXO sama Bangtan Bomb itu keliatan sama. Terus pas EXO ngeluarin Lightstick v2 gue pikir gabakal ada lagi yang plagiat warna2 mereka. LS ver 2 ini bisa berubah warna gitu. Gue maklum lah sama LS Twice dan VIXX juga bisa berubah warna tapi tentu aja warna mereka beda. LS Twice itu warna-warni gitu, VIXX juga bagus LSnya tapi kayaknya warna asli fandom mereka juga beda. Sekarang.. Bangtan Bomb juga ngikutin berubah-ubah warna juga. Gue juga mulai curiga waktu denger berita BigHit bakal ngeluarin Bangtan Bomb ver 2. Dan ternyata bener, beneran ngikutin. 

EXO-L marah bukan karena LS yang bisa berubah warna tapi karena warna Bangtan Bomb yang baru ini hampir sama kayak warna LS v2 EXO. Dari sekian banyak warna kok harus sama kayak EXO? Terus banyak orang2 yang merendahkan EXO-L, katanya masalah gini aja dibesar2kan. Lo pikir jadi EXO-L itu harus sabar terus? kami juga manusia. Banyak juga yang ngatain "kalau mau nyalahin, salahin BigHit jangan salahin BTS" kalau kata2 itu yang keluar gue udah beneran geregetan tapi gue diam aja, males komen.

ARMY wishing EXO death threats. Kayaknya ini beneran awal mulanya. Dimana banyak Immature ARMY yang ngetwit gini. Apalagi tadi tentang kasus Lay yang pingsan di bandara. Itu kejadian waktu BTS mulai mendapatkan banyak fans dan popularitas juga dengan Immature fansnya haha. Banyak ARMY yang mendoakan Lay dan Baekhyun buat mati (maaf). 

Kejadian yang hangat di awal tahun 2017 ini yaitu C-ARMY yang membully C-EXOLs. C-ARMY ini juga mendoakan supaya EXO mati (maaf). Bahkan Suho Baidu Bar China (fanbase terbesar fans Suho di china) dihack oleh ARMY. Mereka juga menyebarkan nomor telepon pribadi Suho, sehingga membuat C-EXOL marah besar.  Dimana waktu kejadian itu C-EXOL meminta permohonan maaf dari ARMY sampe hashtag EXO-L tersebut jadi trending dunia setidaknya 2 hari berturut. Hanya sedikit ARMY yang sudah minta maaf, dan mana yang lain? Kok pada diem aja? Idihh najis. C-ARMY ini juga menyebarkan identitas pribadi C-EXOLs padahal menyebarkan identitas pribadi orang itu suatu tindak kejahatan. Semoga ini ditindaklanjuti oleh agensi SM karena perbuatan C-ARMY ini beneran hangat dibicarakan selain itu ini juga bisa menconteng nama baik ARMY kalau terus2an ARMY ga minta maaf sama EXO-L. 

Katanya kejadian itu dimulai saat salah satu anggota perkumpulan grup dimana anggota itu EXO-L mengirim sebuah pesan singkat yang katanya itu nyakitin hati si ARMY. Nah si ARMY yang tersinggung ini mulai membagikan identitas pribadi si EXO-L dan membully EXO-L tersebut. Bahkan menyebarluaskan nomor telepon pribadi Suho dan menghack akun weibo fanbase terbesar Suho di China.


TEAM NETRAL ; 

MULTIFANDOM 


Gue fine aja sama multifandom ini. Bahkan kalau mereka udah bilang "Idolnya akur masa fansnya ga akur". Sebenarnya gue gasuka sama kalimat tersebut. Karena bodo amat gue kalau mereka akur atau gak! Inikan masalah fansnya. Fans mereka yang nyerang. Ya kami juga gabisa sabar terus. 

Gue juga gasuka kalau ada mulfand gini "apalah daya gue exo-l yang juga army". Gue tanya lo kalau milih lebih milih yang mana? Secara gue juga pernah jadi multifandom terus gue juga pernah ngerasain suka sama dua dan tiga grup tapi tentu gue juga sadar gue lebih suka dan lebih milih grup ini daripada yang satunya. Karena menurut gue mulfand itu sesuai mood. Misalnya saat disuruh ngevote terus di komen bilang "duhh kalau gini gabisa ngevote, apalah daya :')" apalah daya gue juga pernah ngerasain. Kalau jenis mulfand satu gb favorit satu bb favorit itumah fine2 aja kan. Tapi kalau ini soal EXO dan BTS yang akhir2 ini katanya saingan tolong jangan pilih salah satu dari mereka. 

Dan yang ngaku juga mulfand army-exol gue tau kok lo lebih milih bts, karena apa? menurut gue kalau lo emang suka exo lo pasti lebih suka ngepost exo di ig kamu dan yang gue temuin selama ini malah post ig bts semua, di bio tertulis "exo saranghaja" dan tolong yah, "saranghaja" itu cuman milik EXO. "we are one" itu khas EXO. Kalau gue nemu akun mulfand terus di bionya dia ARMY-L beneran geregetan tapi gue milih diam aja. Terus kalau kalian beneran mulfand yang adil kenapa kalau ada artikel yang menyuguhkan EXO kalian bawa2 BTS juga misalnya "udah EXO-L terima aja BTS lagi populer, gue mulfand kok". Jangan komen begitu lagi.

Pokoknya gue jarang banget nemuin multifandom yang sepenuhnya suka sama ini sama itu tapi beneran bisa membagi kesukaan mereka. Gue nemu satu atau dua tapi dia bukan EXO-L dan gue salut kok sama dia. Bisa membagi kesukaannya. Bukan berarti membagi rasa suka mereka misalnya si itu 30% dan ini 70% enggak tapi mereka beneran adil di fandomnya.

Fanbase kpop yang seharusnya membahas semua kpop. Bukannya itu juga team netral? terus saat ada fanwar nyatanya fanbase tersebut lebih ngarahin ke satu grup. Biasanya fanbase gini nih yang ada di Indonesia. Bahkan yang lebih parah salah satu akun MEME EXO INDONESIA di Instagram yang cuman numpang nama, karena yang dipost bukannya meme EXO tapi malah meme BTS. Dia bilang dia masih suka EXO, tapi sekarang lebih suka memein BTS. Gue udah komen tolong ganti aja nama akunnya. Terus adminnya bilang sayang udah dari dulu. Gue beneran emosi deh sama akun itu. Kalau emang suka EXO kok ga setia? padahal kan dia juga termasuk EXO-L lama.

Gue maklumin aja kalau multifandomnya kayak YGstan, SMstan, JYPstan, yang cuman suka gb, atau suka satu gb dan satu bb, saat mereka nyindir EXO-L dan ARMY yang sering fanwar. Mungkin mereka juga lelah sama fanwar. Gue juga lelah. 

Menurut gue kebanyakan MULTIFANDOM ini yang FAKE. Beneran ga memihak salah satu fandom. Tapi nyatanya mereka malah mendukung salah satu fandom. Ga semua multifandom itu exo-l dan army. Gue juga banyak nemui MULTIFANDOM yang baik orangnya. Bukan berarti gue gasuka sama mulfand cuman gue kesel aja kalau udah nemuin mulfand yang fake kebanyakan cuman nutupin rasa dilema mereka. Sekali lagi gue juga pernah ngerasa gimana jadi multifandom.


IGOT7, CARRAT, VIP, SHAWOL

Sebenarnya dari banyak fandom kpop yang juga netral gue tertarik sama 4 fandom ini.

iGOT7 sebenarnya di luar ekspektasi gue ternyata fandom mereka ini cukup besar di fans internasional. Terbukti mereka memenangin best fandom soompi awards. Gue juga kaget. Kok bisa mereka ngetwit sebanyak itu, bahkan EXO-L dan ARMY juga kalah angka. Pokoknya fandom yang beneran di luar ekspektasi gue.

Kalau fans seventeen, Carrat gue suka mereka karena fans mereka ini menurut gue lucu. Entahlah gue nyebut lucu kenapa. Fandom mereka juga kayaknya tentram2 aja. Kecuali ya kalau ada yang menghina idol mereka.

VIP. Fandom paling senior. Sebenarnya gue lebih suka kalau EXO dipasangin sama BIGBANG. Apalagi tahun 2015 itu EXO beneran saingan sama BB. Tentunya ada juga fanwar yang terjadi sama EXO-L dan VIP waktu itu terutama fans korea nya. Mungkin fanwar di Korea itu cara fanwarnya lebih cerdik bukannya kejam kayak fanwar fans intl. Gue bilang gini karena waktu VIP ngerjain EXO itu melalui tindakan bukan dengan perkataan dan fitnah. Gue pikir semua orang setuju kalau perkataan itu lebih kejam, senjata paling menyakitkan daripada tindakan. Gue gahabis pikir gimana ARMY dengan mudahnya nyuruh EXO buat mati. Gue juga punya temen yang YGstan dan VIP, gue juga ngerasa nyaman ngomong sama dia daripada sama ARMY. Temen gue ini juga dia kpopers senior dan udah dari sd ngestan bigbang. Makanya gue paling kagum sama fandom ini. Dewasa dan kalem, mungkin karena fandomnya juga udah lama.

SHAWOL. Nah kalau ini juga salah satu fandom yang ga memihak tapi rata2 shawol ini juga pendukung EXO-L mungkin karena sesama SM. Tapi ada juga yang dengan tegas dukung ARMY apalagi waktu Jimin sama Taemin kolaborasi dance itu banyak banget ARMY yang juga ngaku SHAWOL. Shawol ini juga menurut gue fandom yang strong, walaupun fans mereka berkurang terus tapi gue terharu kalau ngeliat lightstick mereka menyala di tengah2 lightstick silver :').




KAPAN FANWAR INI BERDAMAI?


Yang pasti fanwar ini gabakal selesai kalau ga ada salah satu fandom yang ngakuin kesalahan mereka masing-masing. Toh satu fandom ada jutaan fans, dan ga mungkin jutaan fans itu mau ngakuin dengan enaknya. 

Banyak banget yang udah muak sama fanwar ini. Katanya tahun dulu ga pernah ada fanwar yang seheboh sekarang. Bahkan fanbase HARD EXO-L juga bilang kalau fanwar sama ARMY ini yang paling menjijikan. Kenapa? dulu kalau ada fanwar sama fandom lain, bisa saling memaafkan. Tapi kalau sama ARMY ini katanya susah banget, mereka ini soalnya masih labil2. 

Gue pikir nih fanwar bakal selesai nanti kalau ada salah satu member EXO yang wajib militer. Jadi EXO kemungkinan juga ga ngelakuin comeback lagi kayak Suju dulu. Tapi tentu masih banyak peluang buat EXO di dunia hiburan, contohnya sub-unit dan solo album. Ya kita cuman bisa nunggu itu terjadi. Kalau sampai saat itu, dua fandom ini belum bisa berdamai, gue yakin masih ada aja Immature Fans. 

Jika kalian ga mau ada fanwar lagi makanya tolong jangan manas2in EXO-L. Kita kan sama-sama fandom besar. Jadi kalau ada satu orang aja yang menghina EXO-L terus satu EXO-L nyebarin dan otomatis satu fandom EXO-L bakal emosi juga. Kita kan manusia ga mungkin bisa bersabar terus. 

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

 


Demi apa gue satu malam sampe begadang dan ketiduran buat nulis ini post. Gue yakin sih banyak yang ga baca saking panjang banget curhat gue saat ini. Kan udah dibilangin ini cuman uneguneg gue :)

Sebagai EXO-L gue cuman ngingetin tolong jangan ada Immature Fans di antara kita. Kalau ada tolong sadarkan dia secepatnya. Satu aja yang menghina fandom lain, tentu ada banyak yang kesindir dan sakit hati daan efeknya juga EXO-L dapet gelaran Most Immature Fandom. Bahkan kita juga dapet julukan fandom yang paling heboh loh.   

Kalau ada ARMY yang baca ini kesindir juga gapapa kok padahal dari awal kan udah gue ingetin juga.

Bonus interaksi EXO dan BTS:

Baekhyun and Jimin


V and Baekhyun


Suho and V
Suho and J-hope


Chanyeol and Suga

42 komentar:

  1. I like your post. Be strong and support EXO. From shawol

    BalasHapus
  2. I like your post. Be strong and support EXO. From shawol

    BalasHapus
  3. Oke ini menarik, aku memang belum setahun jadi army tapi aku udah lama kpopers sebagai elf tapi gk tertarik jadi exo-l sorry, dan jawaban pertanyaan kalo dulu fanwar gk separah ini ? Ya, media sosial sekarang lebih maju, lebih banyak dan gampang orang posting yg memicu fanwar, dan lucunya adalah dari sekian banyak website yg aku baca, fanbaseku adalah yg terganas di dunia. No kidding juga sih, emang kadang2 army yang "immature" juga pingin aku tampar bolak balik atas bawah juga kalo perlu.

    Dan soal kena ejekan dari army, saya sebagai army mohon maaf atas orang2 tersebut, kami manis2 kok emang ada sekarang istilah anti fans yang nenyusup ke masing2 fanbase supaya fanwar.

    Dan juga kuat ya dalam mendukung exo, aku juga punya remen exo-l kok, jadi i know you feel lah

    From army

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Oke ini menarik, aku memang belum setahun jadi army tapi aku udah lama kpopers sebagai elf tapi gk tertarik jadi exo-l sorry, dan jawaban pertanyaan kalo dulu fanwar gk separah ini ? Ya, media sosial sekarang lebih maju, lebih banyak dan gampang orang posting yg memicu fanwar, dan lucunya adalah dari sekian banyak website yg aku baca, fanbaseku adalah yg terganas di dunia. No kidding juga sih, emang kadang2 army yang "immature" juga pingin aku tampar bolak balik atas bawah juga kalo perlu.

    Dan soal kena ejekan dari army, saya sebagai army mohon maaf atas orang2 tersebut, kami manis2 kok emang ada sekarang istilah anti fans yang nenyusup ke masing2 fanbase supaya fanwar.

    Dan juga kuat ya dalam mendukung exo, aku juga punya temen exo-l kok, jadi i know you feel lah

    From army

    BalasHapus
  7. Saya disini adalah seorang directioners . One direction fans. Aku punya temen fans EXO, dia tuh sering banget bilang fanwar2 gitu. Nah aku yg statusnya directioner itu bingung, kok bisa sih fandom berantem abis2 an gitu padahalkan tiap idol punya kelebihannya masing2. Nah yg jadi kelemahan tersebesarnya adalah fan mereka sendiri, kenapa karena merekalah yg membawa banyak orang untuk memandang fandom mereka menjadi negatif. Disini aku hanya mau mengatakan bahwa setiap fandom selalu merasa mereka benar padahal ya jelas2 banyak fandom lain yg mengatakan bahwaa perilaku mereka memang buruk, namun mereka tidak mau salah dan hanya mau menyalahkan.karena
    Kebanyakan orang hanya akan berkicau dan memberikan berbagai macam alasan ketika mereka kesal karena kalah. Just that!

    BalasHapus
  8. Assalamualaikum, hallo aku ARMY. Aku juga suka Sehun, bahkan masih suka baca
    ff nya , tapi aku bukan EXO-L. Sebenernya jujur sakit hati juga sih pas kamu ngejelekkin BTS. Sama seperti kamu, aku juga nggak suka idola aku di hina, tapi penasaran juga sama tulisan panjang kamu, karena aku juga ingin tahu dari sudut pandang seorang EXO-L. Dan hasilnya... Aku jadi tahu siapa EXO-L Immature fansnya, tak lain kamu sendiri, secara nggak sadar kamu menulis konten yang mengandung fanwar, dan itu hanya akan membuat fandommu sendiriterlihat buruk dan kamu malah terlihat alay bin childise. Sebagai ARMY yang suka BTS selama dua tahun terakhir. Aku hanya mau mengingatkan sebaiknya buat lah artikel yang lebih bermanfaat untuk sesama fandommu. Karena sebenarnya baik army maupun exo-l mereka itu berbeda beda. Yang suka ngajak fanwar ada yang baik pun banyak. Jadi janganlah menjatuhkan pihak lain dan merasa menjadi yang paling benar, toh kamu bukan tuhan yang maha tahu, kamu hanya tahu lewat medsos yang belum tentu kebenarannya, dan itu bisa menimbulkan fitnah. Fitnah lebih kejam dari pembunuhan lho 😂. Jadi mending kita fokus sama idola kita masing masing. Oke sekian. Wassalamualaikum.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yeee bebas kalii, org ungkapin perasaannya, memang cuma army aja yg bebas ungkapin perasaannya, ga salah dia buat artike gini, ini dunia bebas,lu aja mau pendapat disini ga diapus juga ama penulisnya,

      Hapus
  9. Buay Anisa tolong ya dibaca. Ini cuma buat lo bukan buat semua EXO-L karena EXO-L lebih terhormat daripada kelakuan kamu. Sebagai army gue bukan ngrasa kesindir tapi ngrasa kalau lo fitnah gue. Karena selama ini gue gak pernah ngejelekin EXO-L. Dari dulu juga EXO sama BTS temenan. Mereka juga punya geng yang isinya campuran dari member boyband lain juga. Dan kalau lo eneg denger omongan army yang suka bilang "gak semua army gitu kok" .Please, itu fakta. Nyatanya gue juga yakin gak semua EXO-L kaya lo. Gue punya sahabat EXO-L dia jauh lebih baik, bahkan kita gak pernah tuh besar besarin masalah yang lo sebutin diatas. Bagi gue suka itu ngedukung bukan buat nyiyirin di medsos. Semua yang lo sebutin sama sekali bukan tipe gue banget. Selama ini gue gak pernah ngejelekin EXO. Gue juga diem aja kalau ada EXO-L yang ngehina BTS cacat lah, oplas lah, jelek lah, babilah. Itu bener bener gue denger pake telinga gue. Tapi asal lo tau aja gue gak sampai cari muka ngejelekin EXO. Karena bagi gue cuna fans abal abal yang ikutan ngejelekin. Trus apa bedanya coba kalau sekarang lo ngehina army kaya gini? Katanya lo pernah jadi army trus move ya? Habis itu ngjelekin BTS jugakan akhirnya. Harusnya kalau beneran suka gak mungkin move segampang itu cuma karena isu dan hal hal sepele. Itu sama aja lo fans immature yang sebenarnya disini.Jangan bikin EXO-L malu sama kelakuan lo.Army juga gausah sok sokan didepan EXO-L. Jujur aja gue eneg sama army yang suka sombong didepan fandom lain. Tapi tolong semuanya intropeksi diri. Udah sebaik apa kalian jadi army? Udah sebaik apa kalian jadi EXO-L. Lo bilangkan tadi Anisa kalau intinya gak mungkin dari jutaan fans bakal minta maaf semua. Itu artinya lo sama sekali gak ngehargai usaha orang lain buat minta maaf. Jukur aja gue jijik sama cara lo yang kaya gini. Terlalu cari sensasi. Banyak kok EXO-L yang lebih baik tapi lo malah kaya gini. Hargain dong army sama exo-l lain yang udah jaga perasaan satu sama lain. Dan buat penghargaan. Emangnya EXO sampe datengi BTS trus ngatangatain? Enggak kan mereka tetep humble. Exo sama bts lebih pantes dijadiin panutan, exo tetep nujukin kalau mereka profesional. Tapi kenapa si Anisa ini malah ikut ikutan bikin fanwar makin meradang. Gue mibta maaf kalau selama ini army banyak bikin exo-l sakit hati. Tapi kami army juga kadang ngrasain sakit hati. Exo sama Bts itu berjuang mati matian buat impian mereka. Jangan tiap ada masalah disebarin trus dibesar besarin. Kaya Lo ANISA B. Padahal exo-l lainnya lebih tau caranya menghargai perasaan orang lain. Kalau dari awal gamau sakit hati gak perlu balik ngehina itu artinya lo sama aja. Denger ya. Banyak yang ngadu domba army sama exo-l jadi gausah kepancing emosi. Karena semuanya gak akan terjadi kalai bukan karena sikap kekanak kanakan dari netizen itu sendiri. Ini tu lo ngomongin beberaoa army yang lo gak suka tapi secara gak langsung lo juga ngrendahin semua army didunia yang damai sama exo-l lainnya. Lo ngehina kita semua. Bahkan gue yakin waktu lo jadi army lo pernah sebel sama exo-l. Sikap lo yang kaya gitu sama aja ngehina army dan exo-l. Bts sama exo bakalan tetep berjalan baik sekalipun jari lo bengkak buat ngehina semua orang. Semoga cepet taubat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. I'm army
      I have one thought with you.
      😊

      Hapus
  10. Exo is legend....
    Buat fandom lain termasuk army tolong ya jangan ungkit-ungkit soal agensi..
    Exo sukses karna perjuangan mereka dulu exo pernah di katakan sebagai grup gagal tapi mereka tetap berkarya dan bisa sukses sampe sekarang...
    Maaf kalo saya menyakiti hati kalian
    Maaf kalo pendapat saya tida kalian terima
    Tapi saya hanya mengeluarkan apa yg ada di hati saya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setujuuu gw😗😗 Padahal gw dulu ARMY,ada yg ngebuat gw gak suka sama BTS n ARMY.Pokoknya itu memalukan,dan gw jdi gak tenang.Tapi sekarang gw pindah fandom ke EXO-L.Hidup gw lebih tentrammm

      Hapus
    2. Kamu di jalan yang benar. EXO-L kayak lebih elegan gk sesombong itu

      Hapus
    3. Kamu di jalan yang benar. EXO-L kayak lebih elegan gk sesombong itu

      Hapus
  11. Kuk w ngerasa ini, isinya ngejelekiin army yach . W sebagai army ga prnh tu jlk²in exo...kurang² lah mba berbuat dosa seperti ini ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf ya, dia bicara bukan tentang kamu tp secara umum, emang rata rata army di smeua tempat ya gt,org ga akan senggol org kalau ga disenggol duluan,

      Hapus
  12. Tolong ya dibaca. Dia itu curhat masalah fanwar exo l dan army, jadi yg army gausah merasa TERSINDIR atau TERSINGGUNG. Toh sebelumnya dia juga udah blg maaf sebelum negelanjutin critanya. Jadi army gausah blg tersindir atau gak, exo l dan army memang sama" tersakiti gausah merasa paling benar.

    BalasHapus
  13. dan jangan lupakan masalah BAEKHYUN !!!

    BalasHapus
  14. Orang orang aneh pada berantem gara" Fandom. Emang kalau kecelakaan trus "wafat" Fandom lo ngelayat lo gitu..?😂 Kan enggak. Jadi intinya ngefans boleh Bodoh jangan🙅

    BalasHapus
  15. Annisa. Kamu pindah fandom lagi?

    BalasHapus
  16. https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://annisa-bdmn.blogspot.com/2017/01/fanwar-army-vs-exo-l.html%3Fm%3D1&ved=2ahUKEwjhtYma167iAhXM73MBHdVDBeMQFjABegQIBBAJ&usg=AOvVaw2MJ-QRXMtqgohASqVZfX6G


    KOK MIRIP YA ISINYAAAAA

    BalasHapus
  17. Maaf army Kita Gak Nyindir kalian apalagi fitnah kalian tapi kita Exo-L Bercerita Sakitnya Di hina Fans bts yang kaleng itu
    Lay Kita di katain mati? Siapa sih yang gak sakit kalo orang yang di sayang di kata in cepet mati (Sorry Iching)
    Ikonic Berusaha Agar Exo-L tenang dan Gak Kepancing Tapi apa? Army Abal-abal malah bikin kita emosi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gue sebagai Army ngerasa gk enk juga sama Exo-L yg lainnya. Dikatain gitu idolnya, ya siapa jg gk sakit hati. Tapi, gue mewakili Army2 lainya yg gk normal yg suka ngatain2, maaf sebesar besarnya. Kami para Army yang normal, gk mau saling berantem ama kalian. Disini kita ada untuk mendukung idol kita masing2 bukan untuk saling menghujat satu sm lain.

      Hapus
  18. Maaf ya kawan kawan ku sekalian
    Disini coba kamu bersikap dewasa dan netral coba jadiin diri kamu bukan exol maupun army. Kalian malu dong sampe ada fanbasenya one dorection yang baca ini mari kita klarifikasi satu satu
    1. Agensi
    Mau lu dari agensi besar kek mau lu dari agensi kecil kek perjuangan idol sama aja zheyenk sama sama berjuang dari nolll
    2. Fandom
    Semua tergantung bagaimana bijaknya fandom lu pada fandom juga sama kaya idol kok mereka berjuang dari noll gue bangga sama hard exol karna apa mereka kuatt ngadepin skandal skandal exo buat army yang bilang "army mah ga pernah terlibat skandal bersih ga kaya exo" bukan GA PERNAH tapi BELUM. Gaada fandom yang tiba tiba besar padahal baru ada kemaren itu gaada kalian gatau kan rasanya fandom sepi karna pindah fandom.
    3. IDOL WAMIL
    Ini nih yang lagi hangat hangatnya "exol alay di tinggal wamil aja pada nangis" it's okay babe❤ idol lu wamil untuk pertama kalinya gimana rasanya? Ngeliat Suatu grup yang ga lengkap gimana rasanya? Ya seperti itu lah rasanya sakitnya kalian jangan merasa jadi fans yang selalu berkoar ini itu jadilah fans yang bijak

    -we are one

    BalasHapus
  19. Idk why I became EXO-L, but I knew that I was very impressed with EXO's personality and how strong EXO-L is. I haven't been in this fandom for 2 years, but I have learned a lot about the life meaning from my idol and fandom. I just want to say I'm proud to be EXO-L, I love EXO, and I want to strengthen my heart to be loyal
    -we are one, EXO saranghaja❤

    BalasHapus
  20. Udah lahhh, exol juga pernah yang jelek jelekin army, kerja sama lagi sama fandom lainn, yaa sekarang fokus aja sama idol masing masing temen ku juga exo l tapi kita fine fine aja, gk semua army gitu ko, aku tau km sakit hati, tapi aku juga sakit hati, tapi aku gk rela kalau BTS dan EXO sakit hati karena fans nya fanwar, jadi mending kita dukung idol masing masing tanpa jelekin fandom lain, kalau aku tulis tentang ejekan exol ke army juga panjang, mending kita fokus pecahin rekor idol masing masing
    -army
    Nb: maaf klo ada army (keluarga aku) yg nyakitin kamu :)

    BalasHapus
  21. Setiap idola punya kelebihan masing-masing,gak usah ngurusin kejelekan atau kelemahan idol lain.Fokus aja sama prestasi mereka.

    BalasHapus
  22. Gw army, dan bagi Lo para exol yg bilang Jan ungkit ungkit masalah agensi Lo aja ungkit ungkit. Lo bilang "Exo dibilang group KPop gagal" apa bedanya dengan BTS? "Bts itu group gagal, group miskin, ga pantas jadi group KPop" apa bedanya?

    Untuk yg buat blog:

    Lo buat blog kek gini sama aja Lo ngerendahin exol. Krn blog Lo yg ga berguna ini semua fandom bakal Mandang "exol selalu ngundang masalah untuk army". Heran gw Ama exol suka banget buat masalah SM army. Tapi waktu giliran army marah? Kalian cuma bilang opini? Kalian bilang kita baperan? Dsb.

    BalasHapus
  23. Udah woy, pada adem ayem apa susahnya sih
    Serius gw iri bgt sama Elf yg sekarang dan shawol, mereka bener bener fandom kalem yg patut di contoh. Kalo ngga mau ada fanwar ya nggausah ngladenin omongkosong dr fandom laen, toh nanti mereka bakal capek sendiri ngejelek jelekin idol kita

    BalasHapus
  24. Ya emang gitu, a**y yang cari masalah, eh mereka sendiri yang merasa tersakiti

    BalasHapus
  25. Maaf untuk para army yg tersakiti maupun tersindir,gw sebagai Exo-L minta maaf atas mungkin keluarga gw(Exo-L) yg terkadang salah juga kepada army atau sebaliknya.disini gak usah dipermasalahkan nggak usah di gede"in kalo kaya gini terus kapan juga kita bisa hidup tenang gw nggak membela siapapun disini intinya mau army/Exo-L yg salah apakah permintaan maaf itu harus selalu dari orang yg salah?intinya kalo kalian juga merasa salah ataupun nggak apa salahnya kalo kalian minta maaf?kita sesama kpopers kita punya fandom masing" yg harus kita urus jadi udahlah kita army/Exo-L berhenti ngurusin fandom orang nggak ada untungnya dan malah kita yg rugi buang" waktu.gw Exo-L sadar kadang kita juga suka ngeladenin yg akhirnya masalah jadi tambah panjang.untuk army mohon maaf kalian punya pendapat sendiri tentang kita begitupun sebaliknya kita juga punya pendapat sendiri tentang kalian.jadi kalian juga harus terima gimana sudut pandang kita tentang kalian atau sebaliknya.dengan kita army/Exo-L kaya gini justru kita malah akan membuat jelek dan malu idola kita jadi kalo misal nya ada yg berkomentar ini itu yg menyindir atau semacamnya ya udahlah gak usah dihiraukan dia juga capek sendiri siapa tau juga itu penyusup diem" yg ngaku" fans KPop padahal bukan dan cuma ngadu domba dan ngajak ribut.gw juga punya temen army kadang kita juga masih suka debat soal kaya gini,kita sama" membela idol kita.itu udah sifat kita sebagai fans membela dan melindungi idol kita.ya gitu kadang setiap ada masalah masih suka di sangkut pautkan juga,mungkin fandom gw juga gitu.gw juga pernah ngajak damai ya karena gw capek kalo terus" aja kaya gini nggak kelar" tapi dia gak minat buat damai yaudah kita punya pilihan masing". gw dan temen army gw juga tau kalo kita punya wilayah/kawasan kita masing" Exo& Exo-L dan BTS&army. untuk army/Exo-L jangan tersinggung gw disini gak ngebela siapapun gw cuma pengen tenang gw Exo-L yg cinta damai buat kalian yg masih aja ngurusin fandom orang kita punya kehidupan sendiri" punya idola masing".maaf kalo gw sok suci sok benar dll intinya disini gw ngajak kalian buat damai buat nggak usah gubris/mempermasalahkan.jadi gw cuma mau share pengalaman dan juga permintaan maaf.entah siapapun yg salah intinya minta maaf bukan berarti kita kalah atau lemah justru kita itu dewasa dan bijaksana.@anissa nulis ini mungkin karena dia pengen cerita gimana sih rasanya dia jadi Exo-L juga dia mau ngungkapin kebenaran rumor" yg masih nggak jelas dan pengen meluruskan,tapi pemilihan kata-kata nya salah harusnya adil dan tidak memojokkan atau menjurus ke suatu fandom,kita army/Exo-L punya history dan cerita masing".maaf kalo ada kata" gw yg nyindir/gimanapun sumpah gw nggak ada maksud apa" gw Exo-L yg cinta damai...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gue jg sebagai Army minta maaf sm kelakuan² Army yg udh ngata²in kalian dan idol kalian. Gue gk mau memihak Army dan Exo-L, ngebeda² siapa yg slh, menurut gue semuanya salah karena kita saling ngata²in. Jd skrng gue minta buat kalian lebih sadar diri aja dan menghormati 1 sm lain.

      Hapus
  26. Intinya gini, silahkan gemari/sayangi idol kalian, tanpa menjelekkan idol lain.

    Sekian.

    BalasHapus
  27. hiii!!! aku army. aku baca yang kamu ketik itu. yg ditulis "gak semua army kyk gtu" itu bener kok.. gak semua army ngejelek jelekin exo/grup lain, bahkan ada yang saling support, bantu streaming, bantu vote dll. mungkin selama itu, yang kamu baca cuma army yg ngejelek jelekin exo. pdhl? kita gaada yg tau kan? bts juga dulu sering dituduh plagiat, didiskriminasi, dijelek jelekin, dibilang gaada visual, gada talent, sajaegi, dll bahkan sampe sekarang:) kamu bisa cek video "BTS FROM NOBODY TO LEGEND 2019". oh iya, beberapa waktu lalu aku juga sering liat postingan yang body shamming sama bangtan. intinya, kita sama sama gamau idol kita dihina kan? prestasi masing masing grup juga ada sendiri sendiri. jujur, aku agak gimanaa gtu nulis ini. aku sempet jadi exo-l dri 2015- 2018 hingga akhirnya oleng ke bangtan. kita saling dukung kok! jangan gampang terpengaruh sama toxic fans / orang yang ngaku ngaku fans aja buat manasmanasin kita buat fanwar. exo n bts sahabatan lho, masak kita kayak gini. dan aku minta maaf klo ada army yg ngejelek jelekin exo/exo-l dan bikin hati kalian sakit. aku sih gapapa mau dibilang army fandom tertoxic or apapun itu, lebih baik fokus ke idol kita masing masing tanpa ngejelek jelekinn idol lain kan? dan skrg banyak banget "fakearmy"/"fake fans" yang ngehina hina idol lain pdhl dia bukan army/fans fandom itu sendiri melainkan orang lain yg pengen nama army/fandomnya itu jelek. jadi aku harap, para fans fans kpop pinter pinter liat akun begituan. langsung rnb ajaa. jangan malah menghina fans lain yg gatau apa2. kyk sampe mengubah 'i purple u' jdi 'i j*nd* you'. jdi sigle mom tu ga gampang, dan jangan pake kata kata itu buang ngehina/becandaan:) btw, org yg awal mula ngomong pke kata kata itu jga udah minta maaf sama ami, jdi tolong fansnya yg lain jgn manas manasin pake kata kata itu lagi yaa. kita kan sama sama pecinta kpop, knp ga saling dukung/lebih fokus ke idol kita masing masing??? WE PURPLE YOUU

    BalasHapus
  28. Hmmm...emang sih ada ARMY (mungkin) yang ngejelekin exol atau ada juga exol (mungkin) yang ngejelekin ARMY. Sampai ngata ngatain kayak gitu. Aku gak terlalu suka ikutin fanwar. Sebagai ARMY, aku emang lebih milih diam kalau masalah fanwar. Tapi, gak semua ARMY kayak gitu. Aku punya teman exol, ikonik, elf, dll. Kita semua adem adem aja. Intinya itu ada di diri kita sendiri. Apa salahnya kalau ada fanwar sebisa mungkin kalian tahan untuk gak ikutan. Fans yang baik adalah fans yang mendukung idolnya tanpa menjatuhkan idol yang lain. Aku sih netral sama masalah ini. Yeah.. kalau aku posisiin diri aku sebagai Shawol (kebetulan aku juga mulfan sejak 2018 bln Desember lalu) agak miris juga sih dengar kalau anak exol diginiin. Tapi, yeah balik lagi. Aku gak mau ikut campur sama masalah fanwar kau gini walaupun ini menyangkut fandomku sama Fandom lain. Aku gak mau ikutan panas. Sekian dan terima kasih

    BalasHapus
  29. SEGA Online Casino Review 2021 - Is Online Gambling legal in Canada?
    If you are in the country where gambling is legal you will be able to bet on 샌즈 카지노 쿠폰 SEGA Mega Drive / Genesis titles in Canada! A good Canadian casino is

    BalasHapus